Pengertian
komunikasi bisnis menurut Purwanto : Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang
digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi
baik komunikasi verbal maupun nonverbal untuk mencapai tujuan tertentu.
(Purwanto, 2006:4)
Pada
dasarnya, ada dua bentuk dasar komunikasi yang lazim digunakan dalam dunia
bisnis, yaitu komunikasi verbal dan nonverbal. Masing-masing dapat dijelaskan
secara singkat sebagai berikut. (Purwanto, 2006:5-8)
Komunikasi
Verbal. Komunikasi verbal merupakan salah satu bentuk komunikasi yang lazim
digunakan dalam dunia bisnis untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada pihak
lain baik secara tertulis (written) maupun lisan (oral). Bentuk komunikasi
verbal ini memiliki struktur yang teratur dan terorganisasi dengan baik,
sehingga tujuan penyampaian pesan-pesan bisnis dapat tercapai dengan baik.
contoh: Membuat dan mengirim surat pengantar barang ke suatu perusahaan,
Membuat dan mengirim surat pengumuman ke media massa.
Komunikasi
Nonverbal. Bentuk komunikasi yang paling mendasar dalam komunikasi bisnis
adalah komunikasi nonverbal. Menurut teori antropologi, sebelum manusia
menggunakan kata-kata, mereka telah menggunakan gerakan-gerakan tubuh, bahasa
tubuh (body language) sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orang lain.
contoh: Mengerutkan dahi untuk menunjukkan sedang berpikir keras.
Pengertian
komunikasi bisnis menurut Katz (1994:4) Komunikasi Bisnis adalah adanya
pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian
tujuan komersil. Komunikasi bisnis’ diartikan sebagai komunikasi yang terjadi
dalam dunia bisnis dalam rangka mencapai tujuan dari bisnis itu (Katz, 1994).
Istilah ‘bisnis’ dalam konteks ini diterjemahkan sebagai suatu organisasi
perusahaan.
Pengertian
komunikasi bisnis menurut Rosenbaltt (1982:7) “ Business Communication are
purposive interchange of ideas, opinions, information, instructions, and the
like, presented personally or impersonally by symbols or signal as attain the
goals of the organizations“ (Komunikasi Bisnis adalah pertukaran ide-ide opini,
informasi, instruksi dan sejenisnya, yang dikemukakan baik secara personal
ataupun nonpersonal melalui simbol atau tanda, untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan)
Pengertian
komunikasi bisnis menurut Persing (1981:108) “Business communication may be
defined as the spiraling process of the transaction of meanings through
symbolic action involving all elements associated with sending and receiving
written, oral, and nonverbal messages internal to organizations of paid people
working together to produce and market goods and services for provit.
(Komunikasi Bisnis adalah proses penyampaian arti melalui lambang-lambang yang
meliputi keseluruhan unsur-unsur yang berhubungan dengan proses penyampaian dan
Penerimaan pesan, baik itu dalam bentuk tulisan, lisan, maupun nonverbal yang
dilakukan di dalam suatu organisasi yang membayar orang yang secara
bersama-sama memproduksi dan memasarkan barang-barang dan jasa guna memperoleh
keuntungan)
Pengertian
komunikasi bisnis menurut Curtis (1992:6) Komunikasi dalam organisasi Bisnis
ditujukan untuk menyelesaikan masalah dan membuat keputusan. Selanjutnya
dikatakan bahwa pendapat tersebut tidak dapat dibantah karena semakin tinggi
kedudukan seseorang dalam bisnis, dirinya akan semakin bergantung kepada
keahlian seseorang dalam membuat keputusan dan memecahkan masalah untuk suatu
keberhasilan.
Hasim
Nantjik (1969: 8) mengemukakan bahwa All means of communication to the public news
and opinion, cuation and beliefs, wetherbay newspaper, magazines or books, by
radio broadcast, by television or by film.
Jadi,
komunikasi bisnis adalah proses pertukaran pesan atau informasi untuk mencapai
efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur dan sistem organisasi.
Dalam kegiatan komunikasi bisnis, pesan hendaknya tidak hanya sekedar
informatif tetapi juga haruslah persuasif, agar pihak lain bersedia menerima
suatu paham atau keyakinan atau melakukan suatu perbuatan atau kegiatan.
0 Komentar